SeLamaT DaTanG di BloG Kreatifitas Tape Uli

  • Blog Tentang Hobi,Seni Kerajinan,dan Kreatifitas

Blog ini mengkhususkan pada berbagai bentuk kreatifitas seni dan kerajianan terutama dari bahan - bahan daur ulang atau kemasan bekas. Bisa jadi merupakan hasil dari kreatifitas Anda...

Jika ada Hobi atau kretifitas yang unik, silahkan tambahkan disini untuk berbagi...


Selasa, 29 Juni 2010

PeLePaH PiSanG




Liputan6.com, Kulonprogo: Pelepah pisang bisa dijadikan bahan dasar kerajinan. Biasanya bagian pohon pisang yang dimanfaatkan adalah daun dan buahnya.

Seperti yang dilakukan Tukimin, warga Dusun Tanggulangin, Tanjungharjo Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Pelepah dipilin seperti tali tambang dengan panjang sampai beberapa meter. Setelah itu pelepah bisa dibuat tatakan piring hingga keset.

Kerajinan ini ternyata diminati pasar luar negeri yang senang dengan kerajinan ramah lingkungan. Saat ini Tukimin membuat minimal 2.500 buah kerajinan per bulan untuk dikirim ke Spanyol. Pasar lain yang juga melirik produk Tukimin adalah Hongkong dan Amerika Serikat.

Tukimin bekerjasama dengan pihak ketiga untuk memasarkan kerajinannya. Harga kerajinan produk Tukimin dijual mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 100 ribu per buah.(IAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar